Arab Saudi Izinkan Sepeda Listrik dan Skuter Masuk Tempat Suci di Mekkah

Arab Saudi Izinkan Sepeda Listrik dan Skuter Masuk Tempat Suci di Mekkah

Smallest Font
Largest Font

Sebuah lembaga pengelola Makkah dan tempat sucinya telah menerapkan sebuah program yang bertujuan untuk mendorong penggunaan alat transportasi ringan, termasuk sepeda listrik atau skuter, di dalam kota Makkah dan tempat-tempat suci.

Komisi tersebut, yang diwakili oleh Pusat Transportasi Umum di Makkah dan Tempat-tempat Suci, juga mengedukasi anggota masyarakat tentang cara menggunakannya dengan aman di dalam kota Makkah dan tempat-tempat suci.

Pusat Tranportasi Arab Saudi itu telah mengadakan serangkaian pertemuan edukasi, menguraikan hal-hal terpenting untuk memulai inisiatif ini. Nantinya program tersebut dimulai dengan berkolaborasi dengan mitra dari otoritas terkait di Makkah dan tempat-tempat suci, termasuk Wali Kota Makkah, Otoritas Umum Transportasi, Universitas Ummul Qura, dan Perusahaan Pengembangan Kidana.

Program ini akan diluncurkan di jalur pejalan kaki, lingkungan, tempat parkir, dan di sekitar Gunung Al-Rahma di Arafah serta di Universitas Ummul Qura.

Melansir Saudi Gazette pada Ahad (24/12/2023), Universitas Ummul Qura mendukung program ini dengan menyediakan 30 skuter listrik di empat stasiun di seluruh kampus universitas. Universitas ini menyediakan 70 skuter listrik untuk lebih dari 1.100 peserta dalam inisiatif ini melalui badan investasinya, Wadi Makkah for Technology Company, untuk berkontribusi dalam meningkatkan lingkungan universitas dan masyarakat. Hal ini juga memfasilitasi pengalaman yang ideal bagi para karyawan dan mahasiswa serta pengunjung universitas.

Makkah memiliki beberapa situs suci yang sangat penting di sana. Beberapa di antaranya termasuk:

Masjidil Haram: Masjidil Haram adalah masjid terbesar dan paling suci bagi umat Islam. Ka’bah, bangunan kubus di tengah Masjidil Haram, adalah tujuan utama dalam ibadah haji dan umrah.

Ka’bah: Ka’bah adalah bangunan yang terletak di dalam Masjidil Haram. Ini adalah kiblat, atau arah yang dihadapkan oleh umat Islam dalam salat (shalat).

Bukit Safa dan Marwah: Dua bukit ini terletak di dalam Masjidil Haram dan merupakan bagian dari ritual sa’i selama ibadah haji dan umrah.

Jamarat: Tempat-tempat lempar jumrah di Mina, dekat Makkah, yang menjadi bagian dari ritual lempar batu selama ibadah haji.

Lembah Mina: Tempat perkemahan yang digunakan oleh jamaah haji selama beberapa hari selama ibadah haji.

Semua tempat ini memiliki nilai religius dan sejarah yang besar dalam Islam, dan mereka menjadi pusat ibadah bagi umat Islam dari seluruh dunia.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow